Minggu, 14 Agustus 2016

Anypoint Platform: Meningkatkan Kemampuan Integrasi

Tentang Buku Ini

MuleSoft sebagai pengembang perangkat lunak khusus Enterprise Integration, telah mengenalkan Anypoint Platform sebagai kerangka utama integrasi sistem perangkat lunak. Buku ini berisi pengenalan Anypoint Platform dan peranannya dalam memberikan solusi untuk permasalahan teknologi informasi. Contoh sukses beberapa perusahaan yang sudah menggunakannya diharapkan mampu memberikan gambaran kepada pembaca peran penting IT dalam penentu kebijakan bisnis. Disertai dengan studi kasus dan step-by-step implementasinya akan memudahkan pembaca, khususnya developer, bagaimana menggunakan platform ini untuk meningkatkan kemampuan integrasi.

Siapa yang seharusnya membaca buku ini

Utamanya buku ini ditujukan kepada developer yang akan atau sedang mengembangkan sistem integrasi. Tetapi buku ini juga bermanfaat untuk para manajer, sales, atau penentu kebijakan yang sedang mencari solusi terkait integrasi (data, sistem, atau bisnis). Karena platform ini bisa diimplementasikan tanpa harus menuliskan baris kode pemrograman. Desain grafis yang ditampilkan bisa menjadi media komunikasi yang jelas antara pelaku bidang usaha, developer, atau bahkan audien.

Bagaimana membaca buku ini

Buku ini diawali dengan penjelasan umum tentang masalah IT saat ini, dilanjutkan dengan pengenalan tentang Anypoint Platform dan kisah sukses beberapa perusahaan yang sudah menggunakannya. Bagian yang perlu dibaca oleh mereka dengan latar belakang non-teknikal. Meskipun demikian, developer tetap disarankan untuk membacanya sebagai motivasi dan gambaran tentang tujuan dari integrasi. Pada akhir buku ini, dijabarkan tentang studi kasus dan contoh implementasinya.

Buku ini merupakan seri pertama dari tiga seri yang akan diterbitkan, yang memuat latar belakang dan pengenalan Anypoint Platform untuk meningkatkan kemampuan integrasi. Pada seri berikutnya akan dibahas integrasi dari sudut pandang yang lebih luas dan pembahasan lebih lanjut. Akhirnya, seri terakhir akan membahas bagaimana Anypoint Platform memungkinkan terciptanya suatu inovasi dengan cepat dan mudah beradaptasi terhadap perubahan.
  • #1. Sebuah Inisiatif
  • #2. Selangkah Lebih Maju
  • #3. Sebuah Inovasi

Tentang Penulis

Sulthony Hartanto bekerja sebagai Software Engineer dan Analyst lebih dari sembilan tahun. Sudah mengerjakan banyak proyek integrasi sejak tahun 2008, dan menggunakan MuleSoft Anypoint Platform sejak tahun 2013. Saat ini bekerja sebagai Analyst, MuleSoft Trainer, dan Team Leader di PT. Mitrais, sebuah perusahaan pengembang perangkat lunak terbesar di Indonesia. Penulis juga aktif sebagai kontributor dalam beberapa forum developer dan penulis artikel dalam komunitas teknikal, khususnya yang membahas masalah integrasi.

Penulis menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember, bidang minat Rekayasa Perangkat Lunak. Selanjutnya menyelesaikan S2 di Program Studi Magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia, bidang minat Tata Kelola Teknologi Informasi. Selain itu, dalam aktivitas profesional penulis telah mengantongi MuleSoft Associate Developer Certificate, MuleSoft Certified Train the Trainer, dan saat ini sedang mengikuti program MuleSoft Champions.

champions.mulesoft.com = sulthonyh
forums.mulesoft.com = sulthonyh
stackoverflow.com = sulthony h
dzone.com = Sulthony H
slideshare.net = Sulthony Hartanto


Tidak ada komentar:

Posting Komentar