Kamis, 19 Februari 2009

Humaira Azmi Sulthony


Nama
: Humaira Azmi Sulthony
Lahir
: Kamis Pon, 19 Februari 2009 M / 23 Shofar 1430 H
Waktu
: Pukul 07:35 WIB
Tempat
: Rumah bersalin Ny. Hariyati, Jl. Siberut – Ponorogo

Bismillahirrahmanirrahiym...

Alhamdulillahi robbil ‘alamin. Allah telah memberi amanat kepadaku anak perempuan yang kutandai dengan nama Humaira Azmi Sulthony. Yang akan kupanggil Aira.

Semoga menjadi anak yang sholihah yang dapat membawa kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga dunia – akherat.

Apa arti sebuah nama?

Humaira:
Adalah nama panggilan khusus dari Rasulullah SAW kepada istri beliau: Siti ‘Aisyah RA. Yang tiada berani seorangpun memanggilnya dengan nama itu kecuali Rasulullah sendiri. Humaira berarti kemerah-merahan. Berasal dari kata “ahmaru” yang berarti “merah”. Siti ‘Aisyah berkulit putih dan pipinya selalu kemerah-merahan, apalagi bila terkena sinar matahari semakin menambah kecantikannya. Maka Rasulullah memanggilnya “Ya, Humaira”.
Kami memohon dan berharap kepada Allah semoga anak ini dapat seperti Siti ‘Aisyah istri Rasulullah, menjadi ummul mu’minin pada zamannya.

Azmi:
Seorang muslim tentu tahu siapa “ulul azmi” adalah predikat yang hanya diberikan kepada 5 orang rasul pilihan. Dialah Nabi Ibrahim AS, Nabi Nuh AS, Nabi Musa AS, Nabi ‘Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW. Predikat ini tidak diberikan kepada nabi yang lain. Nabi-nabi tersebut memiliki keteguhan iman yang lulus dalam ujian amat sangat berat, tidak seperti nabi-nabi lain. ‘Azmi berasal dari kata ‘azimah - azam – (wa idzaa ‘azamta fa tawakkal ‘alaAllah) yang artinya berkemauan keras dalam menegakkan kebenaran, memiliki kekuatan mental spiritual yang tangguh, pantang menyerah, takkan mundur setapakpun dalam menegakkan agama Allah, seperti Siti ‘Aisyah RA.
Kami memohon dan berharap agar nantinya anak ini memiliki sifat-sifat seperti para ulul azmi dan Siti ‘Aisyah RA.
Disamping itu nama Azmi terambil dari nama ibu yang mengandungnya yaitu Rudina Azimata Rosyidah agar terlihat jelas hubungan kekerabatannya antara ibu dengan anaknya.

Sulthony:
Dalam al-qur’an manusia ditantang Allah untuk menembus angkasa luar, namun Allah mempersyaratkan untuk dapat menembusnya harus dengan kekuatan yang disebut “sulthon” yang artinya kekuatan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) – ( wa laa tanfudhuuna illa bi sulthooni ) artinya: dan tidaklah kamu dapat menembus (langit) kecuali dengan kekuatan.
Sulthon dapat diartikan sebagai kekuatan akal (ro’yu). Kekuatan akal sangat tergantung pada tingkat intelegensi (IQ). Selain itu dalam bahasa Indonesia dikenal istilah “Sultan” (Sultan Agung, Sultan Hasanuddin, Sultan Baabullah, Sultan Hamengku Buwana, dsb.) yang diartikan sebagai penguasa, pemimpin, raja yang sekaligus imam / pemimpin agama.
Kami memohon kepada Allah mudah-mudahan anak kami ini dikaruniai kekuatan lebih dibanding yang lain dalam ilmu pengetahuan, ilmu logika, teknologi, dan kekuatan sebagai penguasa yang islami.
Disamping itu nama Sulthony diambil dari nama ayah kandungnya yaitu Sulthony Hartanto. Islam mengajarkan agar nama seseorang selalu membawa nama orang tuanya (ayah kandung) bukan nama suaminya.

Arti Sebuah Nama
Nama yang baik adalah nama yang diambil dari asma’ul husna dengan didahului kata “abdul” (Abdullah, Abdurrahman, Abdurrahim, dsb) tingkatan nama ke-2: nama Nabi akhir zaman (Muhammad, Hamid, Mahmud, Hamidah), serta nama yang jelas diketahui punya arti / makna yang baik dan benar.

Humaira Azmi Sulthony
Ummul Mu’minin yang teguh iman seperti ‘Aisyah RA, berkemauan keras dan memiliki kekuatan dan kekuasaan untuk menegakkan agama Islam.

Akhirnya kami mohon kepada bapak / ibu berkenan mendo’akan anak kami agar menjadi wanita sholihah, terlindung dari godaan syetan dan pandangan mata manusia yang jahat.

Note: tulisan bapak untuk para undangan saat aqiqah Aira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar