Sabtu, 22 Januari 2011

Seragam petugas yang mengecoh


Judul
: Seragam petugas yang mengecoh
Tempat
: Pangkalan transportasi umum Ubung, Denpasar
Waktu
: 22 Januari 2011, 10.00 WITA

Bismillahirrahmanirrahiym...

Sebenarnya takut-takut berani menuliskan pengalaman kali ini, berkaca pada kasus Prita yang mesti dipenjara karena pencemaran nama baik. Setelah menimbang ini dan itu, diputuskan untuk tetap nge-blog dengan dasar kebebasan berekspresi (bukankah ini pusaka andalan?) Tapi tetap saja ane kemringet, jedag-jedug nulisnya, lha wong penerapan hukum dinegeri ini berstandar ganda (gak hanya SNI aja ) dan petugasnya pun bekerja penuh dedikasi, layaknya abdi dalem yang selalu “sendika dawuh” (katanya sih, siapa saja bisa jadi sendika kalau punya duit)



Ceritanya, pagi pukul 10.00 mengantar adik ke terminal Ubung (terlalu panjang nulis “pangkalan transportasi umum Ubung”) Baru masuk tempat parkir sudah ada calo datang menawarkan tiket, ane tolak karena masih diluar area dan tidak berseragam. Dia kesal karena tawarannya ditolak trus bilang “Awas nanti kalo salah pilih bis, ternyata berangkat jam 4 sore… kapok koen!” sambil terus mengikuti kami dan tidak bosan-bosannya menawarkan tiket.

Sampai didalam ruang tunggu, terlihat berjajar bis sedang parkir (ini transportasi umum yang ane maksud) Tak lama seorang kru bis datang menghampiri menawarkan tiket, si calo pun akhirnya pergi.
Meskipun kru bis yang berinisial D ini memakai seragam dan menawarkan tiket untuk bis yang sama dengan seragamnya, ane tetep ada rasa tidak percaya (masih teringat omongan calo tadi) Untuk memastikannya ane datang ke pos Dinas Perhubungan (eh, boleh disebutin eksplisit gini gak ya?) Ada beberapa petugas berseragam disana, dengan penuh wibawa menjawab: “Ya benar, bis H itu akan segera berangkat”.

“Berapa lama pak?” tanyaku lagi, karena masih terngiang ditelinga “berangkat jam 4 sore… kapok koen!”.

“Gak lama, sekitar 1 jam lagi. Itu masih menunggu penumpang dari kantornya kok” jawabnya masih dengan penuh wibawa.

OK deh ane langsung balik ke tempat parkir tuh bis. Menanyakan hal yang sama ke kru bis yang tadi, dan jawabannya pun sama persis dengan petugas DisHub. Sip, siap berangkat nunggu sebentar saja wajar untuk bis Patas. Didalam bis juga sudah ada beberapa penumpang lain yang siap berangkat (yang ternyata bisa jadi adalah combe, alias orang bayaran pura-pura jadi penumpang)

Dengan tenang ane pulang ke rumah, meskipun perasaan was-was masih hinggap dikepala. Sekitar pukul 11.00 penasaran ingin tahu apa benar bis sudah berangkat atau belum, jangan-jangan bener kata si calo: berangkat jam 4!
Adik bilang melalui SMS bis belum berangkat. Hm… mulai deh khawatir. Coba telp ke kantor DisHub yang ada di terminal menanyakan bis H berangkat jam berapa.

Jawabannya “Sebentar lagi, itu penumpang sudah hampir penuh”.

“Lhoh kenapa kok nunggu penuh, bukannya lama parkir itu ditentukan?”

“Iya mas, tapi ini masih nunggu yang jemputan-jemputan dari kantor, kasihan kalo ditinggal”

Sedikit lega, tapi sedikiiit… aja.

Tak berapa lama ada SMS “bis sudah bergerak mau berangkat” Ah, plong… lega rasanya. Siang ini bisa menikmati makan dengan enak dan tidur nyenyak.

Tapi… sekitar pukul 1 kembali ada SMS “bis belum berangkat hanya pindah tempat” Hah! maksudnya?

Kembali telp ke DisHub dan kembali mendapat jawaban “tenang… bis sudah siap berangkat, tuh sudah pindah kedekat pintu keluar”

Tidak puas dengan jawaban itu, mencoba telp ke home-base bis H di Denpasar dan Surabaya. Responnya sama aja, gak mau tahu, gak ngurus…. “Bis kita gak ada jadwalnya mas, kru bisnya sendiri yang ngatur. Kantor hanya nerima setoran aja…”

Heh?

Sekitar pukul 2 kembali nerima SMS “bis masih parkir dipintu keluar”

What…???

Ane mesti ke terminal, mesti datengin tuh orang, mo ane ajak …

“Jangan bi, gak perlu emosi, tanyain baik-baik, gak usah cari gara-gara” pesan istri sebelum ane berangkat. Soale pagi tadi ada orang berantem, baku pukul pake botol tepat disisi bis H yang ditumpangi adik. Kami ada disana, disaat tiba-tiba suara gaduh orang bertengkar dan suara pecahan botol, gak tahu persis gimana awal kejadiannya

Lalu segera ane datang ke terminal, menanyakan ke kru bis, si D. Dengan santai dan tanpa rasa bersalah dia bilang “Ane cuma disuruh mas, itu pak bosnya disana”

Pak bosnya sama aja “Mas kita kan nyari duit, kalo penumpang kurang bisa rugi. Tunggu sebentar lagi, 2-3 orang lagi lah”

Ternyata ane gak sendirian, ada seorang bapak yang “ditipu” juga, sama-sama nunggu lama. Juga ada sepasang muda-mudi yang membayar hampir 2x lipat dari tarif sebenarnya. Karena tertipu brosur dari calo dengan gambar bis super VIP, ternyata bisnya biasa aja.

Sepakat kami para korban melapor ke DisHub, karena kru bis baik awak maupun bosnya sama aja. Eh, sesampainya di DisHub malah kita disalahin “Mangkenye… (niru logatnya mamah Dedeh) mas, ente-ente itu jangan mudah percaya sama calo. Kalo gak tahu tuh nanya dong sama petugas berseragam” Ane ngebayanginnya dia itu ngomong gitu sambil kacak pinggang, nepuk dada, kakinya nginjek jidat ane.
“Hellow… bapake yang berwibawa… ane tadi sebelum milih bis nanya dulu ke ente!”

“Eh oh, iya gitu to?” mulai deh ane ngebayangin nih petugas kayak emoticon di kaskus yang berbibir merah dan berbulu mata lentik.

“Praktek-praktek penipuan kayak gini, sudah diketahui oleh petugas kenapa didiemin aja sih pak?”

“Lha anu kok… mereka satu-satunya bis yang beroperasi (siang hari), kalo kita tindak gimana dong…?”

“Lhah kok nanya ane… ente kan petugas… ente kan yang punya power disini!” geram deh ngelihat petugas yang punya regulasi tapi mati kutu! Kayak macan ompong, sudah tua, pikun lagi.

“Waduh gak bisa mas… powernya sudah low bat … “ tentunya sambil nyengir mbenerin kaca mata hitamnya.

“Hiaaah….!!!” jadi ingat istilahnya pak Alim Mahdi… ini nih petugas yang tampangnya security tapi hati hello kitty…

~ jadi pingin nangis tiap ngisi laporan pajak… uang ane hanya untuk beli whiskas ternyata… ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar